E-Rapor untuk PSP/IKM dan K13



Silahkan mendowload erapor yang anda butuhkan pada link berikut

  1. E-Rapor kurikulum 2013, , Untuk sekolah pelaksana kurikulum 2013
  2. E-Rapor Sekolah Penggerak, Untuk sekolah pelaksana kurikulum merdeka , baik PSP atau IKM
  3. E-Rapor 2023b , Rapor IKM/PSP Tebaru

Jika bapak/ibu membutuhkan bimbingan dalam mengimplementasikan e rapor dapat menghubungi saya melalaui wa  dengan nomor 082392113111 untuk koordinasi untuk mengadakan workshop sehari

Panduak Pembelajaran dan Asesmen, Berisi panduan pembelajaran, asesmen hingga format rapor

"E-Rapor SMP adalah aplikasi/ perangkat lunak berbasis web yang berfungsi untuk menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik (Rapor) pada satuan pendidikan di tingkat Sekolah Dasar (SD). Aplikasi e-Rapor SMP dikembangkan dengan mengacu pada kaidah-kaidah sistem penilaian pada Sekolah Dasar (SD) yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar (Dit. PSD) dan dapat diimplementasikan pada satuan pendidikan pelaksana Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013," Heri

Heri menjelaskan bahwa dengan menggunakan E-rapor, diharapkan dapat memberikan dampak positif pada Satuan Pendidikan terutama pada Guru karena mempermudah dalam mengelola penilaian sehingga guru dapat setiap saat bisa mencetak dan melakukan evaluasi hasil belajar Peserta Didik.

"Berdasarkan alur proses data E-Raport untuk Jenjang Pendidikan SMP sudah terintegrasi dengan Dapodik, sehingga Satuan Pendidikan tidak perlu menginputkan ulang data-data pendukung seperti data Satuan Pendidikan, Peserta Didik, PTK, Rombongan Belajar, Mata Pelajaran dan Ekstrakurikuler," jelasnya.

Satuan Pendidikan dapat menggunakan E-raport apabila perangkat komputer yang dimilikinya sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Komputer tersebut digunakan sebagai server dengan spesifikasi minimal memiliki Prosesor setara dual core, OS windows XP/7/ 8/ 10, (32/64 bit) disarankan windows 7 ke atas atau win server 2012.l, RAM minimal 2 GB, disarankan 4 GB, Ruang kosong pada drive C minimal 500 MB. Agar instalasi dapat berjalan dengan baik, beberapa hal yang harus dipersiapkan yaitu Server atau computer yang difungsikan sebagai server harus terinstal aplikasi Dapodik, Non aktifkan windows firewall, Nonaktifkan anti virus yang terpasang pada server atau komputer. "Jadi ikuti lah kegiatan ini dengan serius, agar nantinya bisa diterapkan di sekolah masing - masing," pungkasnya.

Heri Hadianto, S.Si., M.Si

Guru SMP Negeri 5 Kandis